10. PENGATURAN WAKTU

PENGATURAN WAKTU

Salah seorang direktur mengatakan: "hari-hariku sungguh gila, saya menerima lebih dari 12 telepon, saya menghadiri tiga pertemuan, saya memeriksan sejumlah laporan yang tertinggal, saya memenuhi lima permintaan pada lima rekan yang tiba-tiba datang ke kantorku dan padaku ada dua kesusahan yang mendasar. Saya bersungguh-sungguh sepanjang hari dalam pekerjaanku hanya saja sekarang sama sekali tak merasa telah menwujudkan sesuatu.”

Sehari 86400 detik, mengapa waktu ini bagi sebagian orang cukup untuk menangani perusahaan yang besar, dan sebagian lagi tak sanggup menyelesaikan sebagian aktivitas yang sederhana, perbedaannya mungkin pada efektifitas pengguanaan pemampaatan waktu.

Bandingkan aktivitas pengaturan waktu pada penggunaan waktu yang ditetapan pada anda setiap minggu dan setiap hari untuk menyelesaikan kepentingan yang dihubungkan pada anda dalam pedoman kerja anda.
INGATLAH!

Aneka tugas kewajiban selalu lebih banyak dari waktu yang tersedia

Anda tak memiliki lebih dari 24 jam per hari atau 168 jam per minggu.

Dan untuk melakukan pengaturan yang baik bagi waktu anda, anda mesti melaksanakan hal-hal penting berikut:

1.YANG PERTAMA: mengerti pentingnya waktu

sesungguhnya yang tak mengerti pentingnya waktu merekalah mayoritas orang-orang yang sering menyia-nyiakan waktu dan jika tidak, maka tak memelihara pada waktunya yang mengetahui nilainya?! Dan karena itulah kami memberi nasihat dengan sejumlah nasihat dalam ranah ini untuk memahami pentingnya waktu yang ada pada anda, marilah bersamaku:

·Waktu luang adalah cerita bohong yang dibuat oleh merekak yang menganggur, jangan anda ulangi kata ini dan jangan menggunakannnya karena tak ada luang kecuali bagi orang yang lemah.

·Al Hasan rhm: "saya dapati beberapa kaum yang salah satu lebih kikir pada usianya dan waktunya memberikannya pada dirham dan dinarnya.”

·Sesungguhnya setiap menit yang berlalu pada anda dari celah-celahnya anda mampu beribadah pada allah, mengingatnya, mensucikanNya, bersyukur padaNya, melaksanakan pelayanan pada kaum muslimin, menyuruh yang ma'ruf dan melarang yang munkar, atau mengajarkan kebaikan, maka berapakah hasil menit ini???

·Ada perbandingan sederhana yang mesti dimengerti yaitu bahwasannya tidak ada nilai waktu bagi pengangguran, dan penganggur tak ada nilainya dalam kehidupan diantara manusia.”

·Orang barat menilai waktu, menit dan jam mereka dengan ukuran Dollar dan Uero, sedangkan kita mengukur waktu-waktu kita dengan keridlaan allah swt pada kita dalam pengabdian, kepatuhan, mencari yang halal atau jihad.

·Sesungguhnya satu jam dari waktu anda yang pada waktu itu dapat mengusap yatim atau membantu yang lemah, berapa hasi dengan barometer manusia, berapa dengan barometer akhirat.??

·Bergaulah dan bercampurlah bersama mereka yang mementingkan waktu mereka agar anda terkena العدوى (tularan), hati-hatilah dari para pengangur dan telitilah penawar yang menghalangi عدوا  mereka.

·Ingatlah selalu bahwa penghuni surga tak menyesali pada satu halpun penyesalan mereka atas satu jam yang pada waktu itu kecuali pada saat itu ia tidak patuh pada allah, dan dua rakaat yang kita tinggalkan dari salat kita itu lebih diinginkan oleh penghuni kubur daripada dunia dan segala isinya. Apakah kita menggunakan luang sebelum menyia-nyiakannya?!!

·Tak seorangpun dari kalangan ulama dan orang salih melainkan dia semangat pada setiap detik dari wkatunya dan tak satupun dari yang bodoh dan yang berdosa melainkan ia menyia-nyiakan waktu-waktunya, renungkanlah hal itu!!

2.YANG KE DUA: diamlah dengan keteguhan yang kuat..

Mayoritas orang yang membuang-buang waktunya secara percuma adalah mereka orang-orang yang tak teguh, dan pada mayoritas waktu mereka bimbang tak mampu mengambil keputusan dan memperbaiki kesalahan dari hidupnya dan itu termasuk penyebab terbesar yang berdampak pada lenyapnya waktu-waktu dan terbuangnya, dan karena itulah anda mesti menyerahkan pandangan pada nasihat-nasihat berikut:

·Diamlah sendiri sambil merenungkan firman-Nya: وأن ليس للانسان الا ما سعى [النحم:]

·Salah seorang direktur sukses ditanya: "apa yang menghalangi orang-orang sukses?” ia menjawab: "tujuan yang tak jelas.”

·Cobalah untuk menggunakan tulisan dalam menyelesaikan (anda tuliskan halal yang berhasil) dan ingatlah karena itu menjauhkan anda dari galau dan bingung dan anda akan mampu tidur dengan nyenyak apabila kewajiban anda ditulis.

·Ide harian adalah sarana kesuksesan tapi perlu pada orang-orang yang terjaga!!

·Awas (jangan) menulis program harian yang dalam menulisnya anda tenggelam satu jam kemudian di melupakannya di satu tempat.

·Apa bila anda membuat jadwal kerja untuk dirimu sendiri dan mengambil faidah waktu yang lalu berilah waktu luang untuk seimbang padanya saat perlu. Jangan persulit dirimu sendiri dipertengahan pembatan jadwal anda dan anda jangan terlalu perfect dari kemestian dan cobalah untu memperhatikan yang terjadi. (cobalah anda dekati kenyataan) agar anda dekat pada kesuksesan.

3.YANG KE TIGA: tentukan prioritas anda dengan baik

Pembuatan tabel aktivitas harian, pembuatan pedoman harian untuk waktu anda merupakan langkah yang mula-mula dalam mengatur waktu, tidak adanya pedoman harian atau pedoman yang tak sesuai merupakan penyebab mendasar bagi  management waktu yang jelek, maka pedoman kerja yang efektif akan mengatasi kesulitan waktu yang terbuang.

Pedoman harian biasanya dimulai dengan membuat tabel ayng memuat aneka kepentingan yang mesti diselesaikan dan dijadwalkan waktunya, tapi bagaimana menyiapkan tabel anda?

ØBuatlah pedoman mingguan anda dalam ruang lingkup kemampuan anda ditengah-tengah pembuatan.

ØBuatlah tabel anda pada waktu yang sama dari setiap hari.

ØJangan buat banyak lebih dari satu tabel (yang kecil).

ØSiapkan daftar pribadi anda yang sesuai dengan anda.

ØTuliskan setiap kegiatan anda dalam daftar.

ØBagilah waktu pada hal-hal yang penting sesuai kepentingan.

ØGabungkan pekerjaan yang serupa.

ØKhususkanlah untuk setiap yang penting waktu yang pasti untuk mewujudannya.

ØPeriksa kembali aneka kepentingan harian anda (bersihkan dari yang tak penting dan biarkan sebagiannya).

ØJangan menjadwal setiap menit pada waktu anda tinggalkan satu waktu anda untuk aneka musibah (hal-hal yang mendadak).

ØBerlakulah hati-hati dengan hal-hal yang membahayakannya.

ØSisakan waktu istirahat untuk dirimu sendiri dan keluargamu.

ØSimpanlah selalu daftar itu dalam genggamanmu.

ØTetaplah dengan daftar anda.

ØJangan melampaui batas dalam penyusunan

Anda tahu cara membuat jadwal untuk dirimu sendiri yang memuat aneka kepentingan anda dan yang ingin anda laksanakan, bagilah jadwal menjadi empat hal poko seprti yang dijelaskan berikut ini, contoh

NO

Kumpulan Aktivitas pagi

Penyingkapan Seputar Anak-anak

Jawaban Panggilan Telepon yang Biasa

Mengunjungi keluarga

Percakapan dengan sebagian Pekerjaa dengan Kondisi

Menyiapkan Menghafal

Jawaban pada Panggilan baik Pribadi Maupun yang berhubungan dengan kerja

Pergi ke tempat perkumpulan bersama keluarga

Penyelesaian seluruh ketetapan dan menyerahkannya pada jam...

Membuat pedoman untuk proyek

Menyaksikan acara televisi tayangan olah raga

Menonton TV dan Video latihan permainan catur dan permainan Komputer

Menemani istri pergi ke dokter

Mengikuti sebagian urusan keluarga dan teman-teman

Perkumpulan-perkumpulan rutin yang tak dapat dimajukan dan diakhirkan berhubung dengan cita-cita kerja

Membaca buku

Daftar ini mungkin dijalan bersamaan secara fleksibel dimana itu sesuai dengan pribadi anda sendiri sebagaimana yang saya ingatkan pada masalah pentingnya melakukan perhitungan untuk hal-hal perhatian mendadak, dan saya tekankan harus mengerjakan hal-hal penting sebagaiman anda susun dalam tabel, dan selesai dari satu kepentingan sebelum beralih pada yang setelahnya, dan begitulah seterusnya.

4.YANG KE EMPAT: menyerahkan beberapa pekerjaan

Penyerahan merupakan metode untk sukses, maka dalam mengatur waktu anda mungkin bagi anda untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu bila anda mempu menggunakan penyerahan beberap pekerjaan.

Anda mesti belajar bidang penyerahan pada orang lain.

Bila anda seorang direktur anda mesti selalu menyerahkan sebagian kepentingan anda pada para bawahan anda, bila adan bukan direktur bahsalah selalu mengenai seorang yang lain untuk memikul sebagian kepentingan anda dari anda, jadikanlah orang ini rekan anda, yang membantu anda, istri anda, salah seorang anak anda dan siapapun yang disekitar anda.

Agar anda mengenal penyerahan tugas dengan cara yang baik, ikutilah petunjuk-petunjuk berikut ini:

Apabila anda membagi berbagai kepentingan dan pekerjaan berdasarakan tiga prioritas: A, B, C, maka sesungguhnya hal itu akan mempermudah anda untuk memilih hal penting mana yang mungkin diserahkan.

Mungkin sekali mempertimbangkan dengan dua alat ukur:

·Alal ukur kepentingan

·Alat ukur mendesak

Berdasarkan pada alat ukur itu, kepentingan terbagi pada empat bagian:

1.Hal-hal yang penting dan mendesak, dan ini menempati prioritas A dan tak mungkin menyerahkannya (pada yang lain)

2.Hal-hal yang penting tapi tidak mendesak, ini menempati prioritas A dan mungkin untuk menyerahkan sebagiannya.

3.Hal-hal yang tak penting tapi mendesak, ini menempati prioritas B atau C termasuk yang lebih baik diserhkan.

4.Hal-hal yang tak penting , yang tak mendesak, ini menempati prioritas C dan ini mesti diserahkan.

5.

5.YANG KE LIMA: mengatur tempat beraktivitas

·Peliharalah penataan yang baik untuk kamar: biarkan ruang kosong yang cukup diantara isi kamar yang memberi ruang bebas dalam berkgerak meletakan buku-buku atau دوسهات sepatu diatas lantai jagalah kamar tetap bersih.

·Jangan meletakan diatas meja kecuali yang anda kerjakan sekarang atau yang anda perlukan di sela-sela hari, hal-hal yang sesisanya mesti punya tempatnya yang khusus dalam laci-laci, dalam perpustakaan, tas, lemari atau keranjang ayng tak terpakai.

·Saat terdesak tinggalakanlah مساحة yang besar pada meja untuk membantu anda pribadi. Selalu افحص hal-hal yang ada diatas meja anda, dan kembalikanlah pada tempatnya yang benar.

·Jagalah pencahayaan yang masuk pada anda diatas meja anda.

·Tegaskan penyusunan buk dengan cara yang baik dalam perpustakaan anda; bagilah buku-buku sesuai materinya pada bagian yang jelas. Buatlah temapt khusus untuk buku-buku yang sering adnan gunakan.

·Susunlah peralatan anda ditempatnya, mesti memelihara setiap alat yang tetap jangan biarkan diatas meja kecuali yang sekarang anda gunakan saja.

·Susulah lemari anda dengan baik:

ØPeliharalah penyusunan yang baik untuk file-file yang memelihara pengetahuan.

ØSusulah file-file sesuai tingkat kepentingan

ØBuatlah satu file untuk setiap kepentingan dan simpanlah disana setiap yang memiliki kaitan dengan kepentingann ini

ØJanan lua anda memiliki satu file untuk hal-hal yang sangat penting sekali  dan mendesak (letakanlah di genggaman anda / di depan mata anda).

ØBuatlah satu file lain untuk hal-hal yang sederhana, (yang memiliki prioritas C) yang mungkin anda lakasana pada waktu-waktu yang terbuang percuma pada hari-hari anda selalu diatas.

ØBegitu juga mesti menyiapkan daftar (tabel) file-file apabila jumlahnya bertambah.

KERANJANG SAMPA PENTING SEKALI. Segera bersihkan dari hal apapun yang tak penting dan setelah itu tak akan anda perlukan.

6.YANG KE ENAM: fokuslah pada yang dihadapan anda dengan baik.

Jangan beri toleransi pada pelarian yang mengambil bagian di hati anda, pabla anda mulai pada suatu kepentingan paka kerjakanlah penyelesaiannya dengan sempurna, apabila anda dikunjungi kebosanan dan anda merasa lepas maka ingatakanlah diri anda sendiri dengan hasil selesai dari pekerjaan ini, dan cobalah berusaha untuk lebih kuat dari aneka motivasi kemalasan dan kelemahan yang menjumpai anda dan membujuk anda dari menyelesaikan kepentingan anda.

7.YANG KE TUJUH: pelajarilah ungkapan "TIDAK”

Belajarlah mengucapkannya dihadapan setiap yang hendak membuang-buang waktu anda dan memutuskan darinya tanpa cara yang benar, ingatlah (sadarilah) sebelum anda mengucapkan: "ya” dan jadwal akativitas anda tak ada ruang bagi hal-hal yang tak penting, dan jangan kwatir kebencian orang yang anda katakan tidak padanya akan mencela anda, setelah satu waktu mereka akan memahami redaksi anda, dan pada akhirnya anda beruntuk karena ucapan "tidak.”

8.YANG KE DELAPAN: jangan mengulang-ulang kepayahan

Sejak sekarang programlah dirimu sendiri untuk tidak mengulangi satu kali, apabila anda memulai satu pekerjaan anda jangan meninggalkannya pada yang lainnya kemudian kembali lagi padanya untuk kedua kalinya, sebab itu anda mengulangi kepayahan anda dalam mengembalikan hati dan ingatan anda pada hal yang telah engkau mulai dan anda memulai menyusun yang baru.

9.YANG KE SEMBILAN: pedoman kerja yang logis

Sebelum memulai pedoman kerja susunlah kertas anda dengan baik, realistislah dalam menentukan tujuan-tujuan dan pedoman-pedoman kerja anda, anda mesti logis dalam menentuka waktu-waktu yang memadai untuk setiap aktivitas, karena mengulangi pedoman kerja berarti waktu lain terbuang. Susunlah cita-cita anda dan cita-cita hidupmu secara umum, kemudian cita-cita anda yang masih jauh, kemudian cita-cita yang dekat sekali, dan jadikanlah itu selamanya tidak absent dari anda, anda akan merasakan perbedaan yang mencolok, sesungguhnya yang tak tahu kema ia pergi pasti ia mesti berhenti pada satu titik.

Setelah menuliskan cita-cita anda dengan jelas anda mesti bertanya pada diri anda sendiri mengenai aktivitas yang anda laksanakan, "apaka aktivitas ini mendekatkanku pada cita-citaku, menjauhkannya atau diam tak menjauhkan dan tidak mendekatkan, atau acapkali merasa mendekatkan atau tidak,” anda jangan mengedepankan aktivitas itu kecuali bila anda dapati itu mendekatkan anda pada cita-cita anda.

10.YANG KE SEPULUH: bersosialisasilah dengan kuat bersama lembaga sosial yang sesuai

Lembaga sosial yang sesuai merupakan pintu-pintu yang penting untk mengenal orang-orang dan terbuka pada yang lain, tapi itu juga bisa jadi salah satu terpenting dari yang menyia-nyiakan waktu apabila kita tidak bergaul bersamanya dengan cara yang bermanfaat dan kuat, karena itulah diantara yang terpenting dari satu tempat anda menganalisa munculnya lembaga dengan analisa yang teliti, ada beberapa kesempatan yang memungkinkan anda berhalangan darinya tanpa kemadlaratan, ada yang memungkinan anda mendelegasian orang agar ia menggantikan anda, dan ada beberapa kesempatan tekadang anda menghadiri dan meminta izin setelah menghadiri sebentar, yang terpenting anda tidak menjadikan kesempatan ini menenggelamkan anda dalam lautannya.

INGAT !!

"anda hanyalah hitungan hari-hari, maka setiap hari yang berlalu pada anda menghilangkan sebagian diri anda, maka merendahlah dalam mencari dan buat indahlah dalam berusaha.”