11. PERJALANAN PERWUJUDAN (PELAKSANAAN)

Sesungguhnya perjalanan pelaksanaan dan pengaturan pada pedoman kerja yang saya siapkan merupakan penguak efektivitas yang mungkin segera memindahkan andan dari kesemerawutan pada hidup yang aktive, tersusun dan rapi.

Sesungguhnya perhatian bukanlah pada pedoman kerja yang kokoh tanpa pelaksanaannya, karena itu tak melampaui sekedar harapan, dan harus menyeimbangkan antara pedoman kerja dan pelaksanaan.

1.YANG PERTAMA: beberapa nasihat yang membantu anda saat melaksanakan pedoman kerja anda: mulailah menyelesaikan aneka kepentingan anda

ØMulailah selalu denan aneka kepentingan yang sulit dan aktivitas yang tak disenangi.

ØJadikanlah pekerjaan anda yang terpenting pada saat puncak.

ØMinimalisirlah akativitas rutin sekemampuan anda.

ØBebaskanlah dari setiap yang tak penting.

ØTeguhkanlah aneka aktivitas rutin pada waktu yang lebih minim semangatnya.

ØLetakanlah file khusus untuk aktivitas-aktivitas rutin dan selesaikanlah pada waktu-waktu yang terbuang dari hari-hari anda.

INGATLAH!

"mayoritas orang menghabiskan 30 - 65 % waktunya dalam aktivitas rutinnya.”

Bagaimanapun saat pekerjaan sulit, mulailah; karena hanya dengan semata-mata anda memulai maka anda akan selesai dalam waktu singkat.

INGATLAH!

"tak akan ada sesuatu yang menginginkan terhenti sekedar terhenti, dan pekerjaan yang tak ia mulai setelahnya tak memberi celah pada anda untuk menuntaskannya, saat anda didorong aktivitas, maka yang menyelesaikan merobah untuk mencoba menyelesaikannya.”

2.YANG KE DUA: pencuri waktu

Ya, disana ada sebagian pencuri waktu yang membunuh kehidupan kita dalam samudra kesibukan kita, dan mereka menyeret kita pada tempat yang sangat jauh, acapkali mengalahkan pesan peromohonan kita pada yang kita inginkan.

Hal-hal itu yang sering mencuri nafas-nafas kita, lalu kita terbangun dari tidur panjang kita, telah melenyapkan nilai berharga yang tak terhingga; lalu hal itu berlalu laksana kilatan petir, dan bila itu telah berlalu tak akan pernah kembali dan sedikit sekali yang memahami kepentingan itu bahkan mereka mencerai-beraikannya tanpa perhitungan!

Para pencuri waktu di zaman sekarang sangat banyak sekali (HP, Jaringan Internet, dan Televisi), begitu juga acara-acara hiburan yang di depannya kita menghabiskan berjam-jam waktu yang lama tanpa kemanfaatan dan keguanaan, bahkan waktu kembali pada bencana dan kesia-siaan serta menghancurkan keagungan waktu, mereka menyia-nyiakannya untuk hal yang tak penting! Kata-kata pemuka para pujangga Ahmad Asy Syauqiy tetap menjadi lonceng yang nyaring pada أصداء المتناسبين yang lalai, ia mengatakan:

دقّات قلب المرء قائلة له # إن الحياة دقائق وثوانِ

فارفع لنفسك بعد موتك ذكرها # فالذكر للإنسان عمر ثان

"hati kecil seseorang berkata padanya # bahwa hidup itu menit dan detik,

Maka angkatlah namba baik dirimu setelah mati# karena nama baik itu umur kedua bagi manusia.”

Izinkanlah kami mengemukakan sebagiannya:

1)Menanti-nantikan dan penangguhan, dia pencuri waktu yang paling banyak lagi terkenal serta berpengaruh, mayoritas orang menggandrungi penangguhan dan penantian, dan pembuatan alasan untuk menangguhkan hari ini hingga hari esok! Yang mengherankan seseorang itu mampu mengerjakan dan menyelesaikan yang dibebankan padanya, tapi ia tetap keras kepal (dan dengan cara yang mengundang kekagetan) untuk menangguhkan tanpa sebab yang memuaskan, pada kenyataannya bahwa menangguhkan dan menanti-nantikan baga mereka ada beberapa sebab, izinkan saya mengemukakan itu semua pada anda hingga anda berinteraksi dengannya dengan bijak dan cerdik (dengan ilmu):

a.Penghindaran: bukan kehendak seseorang lari dari sesuatu yang dibebankan padanya untuk mengerjakannya, bila hal ini pembebanan yang langsung, dan memestikan usah dan kerja, karena jiwa manusia menyukai kecenderungan santai dan tenang.

b.Ketiadaan semangat yang cukup: apabila pada diri sala seorang dari kita tak memiliki semangat yang kokoh untuk melakukan sesuatu, maka ia akan mendapati dirinya terdorong jauh dari aktivitas ini dan mencoba menggantinya.

c.Taku: takut mendorong anda untuk bertele-tele, maka takut rugi dan ejekan itu yang membuat  anda menangguhkan melakukan sesuatu, dan anda beraktivitas berdasarakan penangguhan dari hari ke hari dan dari jam ke jam.

2)Pencampur adukan antara beberapa hal yang penting

Banyak orang yang tahu prioritas mereka apa yang mesti mereka dahulukan apa yang mesti mereka akhirkan, dengan hal-hal yang mana mereka harus memulai apa pekerjaan yang mereka senangi, dan apa yang semestinya ditangguhkan!

Pencuri ini tak samar lagi bagi yang memiliki pandangan yang mendalam, khususnya saat ia keluarmengendap-ngendap ia keluar dari kertas-kertas yang semerawut, meninggalkan salah seorang dari kata dalam kebingungan mengenai urusannya, lalu ia melakukan yang kurang penting dan meninggalkan yang sangat penting, dan ia melakukannya disertai التوافه dan ia tidak mampu menampakan ingatan untuk hal-hal besar, dan pada mayoritas waktu seseorang dari kita membiarkannya kosong tak melakukan apapun.

3)YANG KE TIGA: tidak ada kefokusan (konsentrasi)

Terkadang anda mulai melakukan sesuatu kemudian anda terhenti untuk bercakap-cakap atau melakukan hal lain, ini dari bentuknya sering menyia-nyiakan waktu.

4)YANG KE EMPAT: tidak adanya kemampuan mengatakan "TIDAK”

Seseorang yang malu mengatakan tidak penolakan pada kunjungan-kunjungan, aneka undangan dan perbincangan yang tak memiliki janji sebelumnya, ia mendapati dirinya sia-sia tak mampu memiliki waktu yang diikuti.

5)YANG KE LIMA: aneka pemutus yang tiba-tiba:

Perbincangan HP, perbincangan yang sia-sia percaya pada yang tidak dijanjikan, aneka pemutusan ini memutuskan pikiran hati anda, menyita banyak waktu anda, apabila seseorang itu penting maka dengarkanlah sedangkan yang lain maka memungkin bagi anda untuk terlepas dan menangguhkan itu semua pada waktu yang tepat bagi anda, tentukan waktu-waktu perjanjian untuk memenuhi percakapan atau meletakan catatan dan membuat pedoman kerja untuk yang hendak anda katakan saat anda bertemu.

6)YANG KE ENAM: kepayahan yang berulang-ulang:

Dengan gambaran anda tekun pada satu hal, dan anda meninggalkannya untuk melakukan sesuatu yang lain, kemudian anda kembali pada yang anda kerjakan di permulaan untuk yang kedua kalinya, hal ini membuat anda mengorbankan usaha yang berlipat  pada yang mesti anda korbankan.

7)YANG KE TUJUH: pedoman kerja yang tak tepat (realistis):

Dengan gambaran anda membuat pedoman kerja dan menyusun urusan-urusan kita dengan cara yang tak tetap, lalu urusan yang gampangnya bagi kita menghabiskan waktu lima hari kita berikan satu hari atau dua hari, dan kepentingan yang mestinya menghabiskan dua hari kita berikan padanya empat atau lima hari, maka ini dari bentuknya akan menyertakan kekosongan dalam hidup anda dan memboroskan waktu anda juga.

8)YANG KE DELAPAN: ketidak teraturan:

Kertas-kertas yang berserakan, kebutuhan-kebutuhan anda yang disia-siakan, selalu membicarakan HP anda, kunci-kunci anda dan tas kerja anda, ini semua hal-hal yang jelas membuang waktu anda dan membinasakan anda.

9)YANG KE SEMBILAN: perkumpulan yang tak efektif:

Dan untuk mengobatinya perbikilah jumlah perkumpulan dan pelajarilah metode-metodenya yang efektif.

10)YANG KE SEPULUH: menunggu

Menunggu adalah membuang-buang waktu yang tak sedikit ditengah-tengah menunggu dokter, yang lewat dan yang lainnya, agar waktu anda menjadi bermanfaat sediakanlah buku atau kertas-kertas yang perlu diikuti dan sejenisnya.

11) YANG KE SEBELAS: aneka lembar kerja yang sangat banyak:

Agar tak membuang-buang waktu diantaranya dan bagus mengaturnya, gunakanlah metode (dasar) ABCD.

Bagilah kertas apapun yang menghampirimu pada salah satu bagian berikut:

A.Segera dilaksanakan: Jenis ini termasuk lembaran-lembaran yang tak perlu pembahasan atau hafalan tapi memerlukan keputusan segera dari anda. Jangan menyia-nyiakan waktu dan menghafal lembaran-lembarannya tapi segera ambil keputusan dan pindahkanlah pada seseorang yang pasati (sesuatu yang berarti).

B.Dipelajari kemudian dilaksanaan: ini jenis yang wajib menjadikan pelaksanaan dengan bentuknya, tapi setelah pelajaran musyawarah atau mengumpulkan informasi, peliharalah jenis khusus dan gabungkanlah pada jadwal aktivitasmu.

C.Lembaran-lembaran untuk hafalan:peliharalah kertas-kertas anda ini dalam arsip anda dan susunlah, biasanya lembaran-lembaran ini memiliki prioritas yang mendasar atau ingatan yang penting atau anda akan perlu kembali padanya minimal disela-sela tiga tahun.

Lembaran-lembaran pada tong sampah. Setiap lembarang yang termuat oleh pembagian diatasnya wajib membuangnya pada keranjang sampah tanpa ragu-ragu, jika tidak, pada anda akan menumpuk kertas yang tidak kamu perlukan