4. TABIAT WAKTU

TABIAT WAKTU

Waktu adalah hal termahal yang kita miliki dalam hidup, hanya saja kita memperbanyak cabang dalam menyia-nyiakannya dan membunuhnya, serta membuang-buangya percuma. Tapa mereka sadari bahwa mereka pada hakikatnya membunuh diri mereka sendiri. Maka waktu itu adalah kehidupn sebagaimana mereka katakan.

Ada (banyak) omong kosong diantara manusia yaitu SAYA TAK PUNYA WAKTU. Lalu kita dapati orang yang mengatakan: "satu haripun saya tak mendapatkan waktu senggang untuk mewujudkan yang terlambat, satu haripun saya tak mendapatkan waktu yang baik bagiku untuk mengambil liburan atau menghabiskan waktu lebih lama bersama keluargaku, membaca buku, atau latihan keluarga.” Bahkan pada suatu hari ada yang mengatakan padaku: "24 jam bukan jeda yang cukup untuk melakukan hal yang ingin saya lakukan pada satu hari!” apakah sudah pasti disana ada kesulitan cara menghitung jam-jam pada suatu hari, dan telah ditetapkan pada kita waktu yang tak mencukupi  untuk mewujudkan yang terpenting yang dijumpai pada pundak kita, ataukah bahwa kesulitan tersembunyi dalam ketiadaan penyusunan waktu (management waktu), dan menjalaninya dengan cara yang efektif?

Diantara hal-hal yang diteriman (secara umum) bahwa setiap individu memiliki 24 jam dalam sehari, baik si kaya maupun si papa, baik yang bahagian maupun yang sengsara, baik karyawan maupun semua pejabat.

Dan bila kita semua sama dalam kadar waktu yang kita miliki hanya saja kita berbeda dan sangat kontras mengenai cara kita menggunakan waktu. Dalam sebuah riset yang dilaksanakan oleh peneliti Amerika mengenai  management waktu ditemukan bahwa sesorang yang normal menghabiskan usianya dalam rutinitas harian yang energik sebagi beriku!! Apabila rata-rata usia manusia 60 tahun.

No

Aktifitas

Watu masing-masing

1

Mengikat tali sepatu

8 Hari

2

Menunggu isyarat yang lewat

1 Bulan

3

Waktu yang anda gunakan untuk bercukur

1 Bulan

4

Naik lift dikota-kota besar

3 Bulan

5

Membersihkan gigi dengna sikat gigi

3 Bulan

6

Menunggu perayaan dikota-kota

5 Bulan

7

Waktu yang dihabiskan di WC

6 Bulan

8

Membaca buku

2 Tahun

9

Waktu makan

4 Tahun

10

Waktu cari rizki

9 Tahun

11

Tidur

20 Tahun

Diantara yang dimuat pembahasan adalah bahwa seseorang hanya menghabiskan empat menit per hari dalm berbincang dengan teman-teman hidupnya, dan setengah menit saja berbicara sama anak-anak. Berdasarkan perhitungan ini saya katakan bahwa orang yang usianya sampai 80 tahun hanya akan menghabiskan 240 menit saja yaitu sepuluh hari berbicara sama anak-anak..

Siapa yang diusung dari perhitungann ini? Yang ingin saya katakan dan tekankan adalah bahwa kesulitan kita yang mendasar adalah bukanlah ketiadaan waktu yang cukup untuk mewujudkan yang hendak kita kerjakan, tapi hanyalah ketidakefektifan pemanfaatan kita akan waktu denga cara yang paling bagus dan bagi pekerjaan yang wajib dikerjakan.

Membebaskan diri dari cerita bohong "bahwa tak ada waktu yang cukup” merupakan stasiun yang paling pertama yang darinyalah kita berangkat pada kehidupan yang teratur, dan pemamfaatan yang paling utama terhadap waktu, serta kehidupan yang umum!

Waktu itu laksana besi, sesuai kadar usaha mengaturnya, menyusunnya, dan memanfaatkannya yang anda korbankan, sesuai itulah nilainya bertambah.

Berapa harga sepotong besi?!

No

Bentuk Sepotong Besi

Harga dalam dolar

Harga dalam rupiah

1

Sepotong besi berkarat

5$

Rp. 50.000

2

Sepotong besi dibuat sepatu kuda

11$

Rp. 110.000

3

Sepotong besi dibuat Jarum

355$

Rp. 3.350.00

4

Sepotong besi dibuat cetakan uang

2285 $

Rp. 2.285.000

5

Sepotong besi dibuat per jam

250.000

RP. 250.000.000

Kepentingan kita yang terbesar mungkin menyelesaikan saat orang mengambil hasil dari waktunya dengan cara yang sepadan.

Timbangan umat yang terkemuka, bercahaya keberedaan dan kekuasaannya adalah pengefisienan yang baik terhadap waktu individunya dan management mereka terhadapnya.

Penghasilan kerja bangsa Amerika dan Jepang lebih banyak dari pada penghasilan pekerja di negara-negara maju yang dalam akhir penghitungan mencapai 36 menit perhari?!

KEKHUSUSAN WAKTU

1.Waktu adalah hal termahal dan utama yang dimiliki manusia

2.Waktu adalah jalan yang terbatas

3.Waktu tak mungkin tergantikan

4.Waktu cepat berlalu

5.Pemampaatan waktu menambah nilainya

6.Yang telah berlalu tak akan pernah kembali

PENDAPAT ORANG DAHULUL YANG KELIRU

1.Cara yang terbaik untuk menghasilkan yang banyak adalah selalu sibuk dan semangat

2.Apabila anda lebih banyak kerja maka anda akan lebih menguasai kelelalahan anda

3.Apabila anda ingin bekerja dengan rapi kerjakanlah sendiri

4.Mayoritas pekerjaan harian tak perlu pada pedoman kerja

5.Apabila anda melakukan hal-hal terpenting anda sebagaimana mestinya maka anda menggunaan waktu dengan baik.

KAIDAH YANG PENTING

"mengerjakan sesuatu yang baik lebih penting dari pada mengerjakan sesuatu dengan cara yang baik.”

INGAT

"sesungguhnya siang dan malam bekerja padamu, maka bekerjalah pada keduanya; dan keduanya mengambil darimu maka ambilah dari keduanya.”